Jawabannya pasti macam-macam, ada yang mikirin kerjaan numpuk di kantor, mikirin harga bahan pokok, mikirin belanja, mikirin utang, mikir mau kemana hari ini, dll.

Semua yang ada dipikiran lebih berorientasi pada diri sendiri, duniawi dan kemaslahatan pribadi.

Rasulullah Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang bangun di pagi hari namun hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah dia tidak melihat hak Allah dalam dirinya maka Allah akan menanamkan 4 penyakit dalam dirinya: kebingungan yang tiada putusnya, kesibukan yang tidak ada ujungnya, kebutuhan yang tidak terpenuhi & keinginan yang tidak tercapai”.
(HR. Ath Thabrani)

Karenanya tidak heran, jika dipagi hari yang cerah ini, banyak orang sedih, stress, bingung, resah, gelisah, takut & berbagai penyakit dunia lainnya, karena pikirannya hanya untuk dunia.
Maka mulailah pagi hari dengan menjaga hak Allah & bersyukur karena Dia masih memberi umur dan kesempatan untuk hidup, dengan demikian Allah akan menjaga ‘dunia’mu.
Apa yang perlu dikhawatirkan jika anda telah mendapatkan yang lebih baik dari dunia dan seisinya?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim725).
Apa yang kita takutkan jika Allah yang maha memiliki alam semesta ini telah menjamin untuk kita ?
“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah…” (HR. Muslim no. 163).
Dan apa yang perlu diresahkan jika dengan dzikir pagi, Allah akn mengangkat derajatmu?
“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), & paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, …” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Maha tinggi.”
(HR. At-Tirmidzi no. 3377)

Dengan berdzikir maka pagimu akan lebih indah & berseri.
“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Lalu tutuplah pagimu dengan SHOLAT DHUHA, bersedekah untuk 360 persendianmu, maka Allah akan mencukupimu hingga sore hari :
“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, jangan-lah engkau tinggalkan 4 raka’at shalat diawal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286),

“Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan,

“Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, MAKA CUKUP LAKUKAN SHALAT DHUHA DUA RAKA’AT.” (HR. Ahmad, 5: 354)

Betapa tenang dan damainya pagi hari jika kita mulai dengan memelihara hak Allah.SWT

Selamat bersyukur, selamat menjemput rahmat dan karunia-Nya.
Aamiin

Sumber: Syahrie Hudory (Imers)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *