Sobat Qurani, aktivitas yang menjadi kebiasaan kita di awal pagi bisa menentukan loh apakah hidup kita akan penuh kebahagiaan atau hampa. Ini dia beberapa aktivitas pagi hari yang bisa membuat hidupmu terasa hampa dan gersang:

 

  1. Melewatkan ibadah Shubuh

Bangun tidur jam 7, shalat Shubuh ketinggalan, tentunya bukan pertanda baik untuk hidup kita dunia-akhirat Sob. Kalau mau hidupmu penuh keberkahan dan kebahagiaan, kuncinya adalah TIDAK SATU KALI PUN melewatkan ibadah Shubuh. Buat perempuan yang lagi berhalangan, pagi hari tetap bisa bangun kebiasaan Shubuh yaa, jangan bablas ketiduran mentang-mentang lagi nggak shalat.

 

  1. Meninggalkan dzikir pagi

Dzikir yang kita ucapkan di pagi hari bisa melindungi kita dari segala marabahaya sampai sore hari loh Sob. Makanya manfaatkan waktu pagi untuk berdzikir, istighfar, kamu bisa membaca serangkaian doa dan dzikir terbaik di pagi hari yang bersumber dari quran dan hadits, dikenal dengan nama Al Matsurat shugra/qubra. Kalau kamu hafalkan akan jauh lebih baik Sob. Rasakan ketenangan hati menelusup dalam aliran darahmu.

 

  1. Terburu-buru mempersiapkan diri

Ada baiknya segala perlengkapan yang dibutuhkan pagi itu sudah kamu siapkan sejak malam Sob, karena mempersiapkan dengan terburu-buru di pagi hari justru bikin mood jadi kurang bagus. Kalau kebiasaan buru-buru ini kamu lakukan berulang-ulang, batinmu akan merasa capek dan merasakan kehampaan akibat selalu tergesa-gesa. Ingat… tergesa-gesa itu biasanya provokasi dari syetan.

 

Dzun Nun (Tsauban bin Ibrahim) rahimahullahu berkata, “Ada empat perkara buruk yang menghasilkan buah: tergesa-gesa yang buahnya adalah penyesalan, kagum pada dirinya sendiri yang buahnya adalah kebencian, keras kepala yang buahnya adalah kebingungan, dan rakus yang buahnya adalah kemiskinan.”

 

  1. Ribut urusan sepele

Ribut karena berebut kamar mandi? Kesal karena melihat status teman? Marah karena disuruh bangun pagi oleh ibu? Ya ampuun… kalau tiap pagi kamu terbiasa marah-marah, berantem, dan kesal, bisa-bisa hatimu menghitam dan akhirnya sulit merasa bahagia Sob. Penting sekali loh tersenyum dan merasa senang setiap kali memulai aktivitas pagi.

 

  1. Ngemil makanan tak bergizi

Kalau ngemil buah pagi hari masih okelah, tapi kalau ngemil gorengan dan berbagai makanan rendah nutrisi lainnya… bisa membuat tubuhmu sakit Sob, akibatnya… sekalipun enak di lidah, tapi badanmu menyimpan ‘sampah’ yang suatu waktu pasti akan menimbulkan penyesalan.

 

 

Semoga artikel singkat ini bisa jadi pengingat bersama.

 

 

Sumber: annida-online.com

 

 

Pondok-quran.com

 

.

.

.

 

#PONDOKQURANbersanad

#SelaluBersamaAlQuran

#BahagiaBersamaQuran

#QuranIsAmazing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *